Wortel dan Manfaatnya

Adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih.

Wortel adalah pahlawan gizi, mereka menyimpan tambang emas nutrisi.Tidak ada sayuran lain atau buah mengandung karoten sebanyak wortel, yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Ini adalah benar-benar serbaguna dan sayuran merupakan sumber vitamin B dan C serta kalsium pektat, sebuah serat pektin yang luar biasa yang telah ditemukan memiliki sifat penurun kolesterol.

Wortel merupakan tanaman herba yang mengandung sekitar 87% air, garam kaya mineral dan vitamin (B, C, D, E).
Wortel mentah merupakan sumber vitamin A dan kalium, mereka mengandung vitamin C, vitamin B6, tiamin, asam folat, dan magnesium.
Wortel dimasak merupakan sumber vitamin A, sumber potasium yang baik, dan mengandung vitamin B6, tembaga, asam folat, dan magnesium.Tingginya tingkat beta-karoten sangat penting dan memberikan wortel warna oranye khas mereka.

Wortel juga mengandung, dalam jumlah yang lebih kecil, minyak esensial, karbohidrat dan komposit nitrogen.Mereka terkenal karena antianaemic pemanis mereka,, penyembuhan, remineralizing dan obat penenang sifat diuretik.
Dalam rangka untuk mengasimilasi jumlah terbesar dari nutrisi yang ada di wortel, penting untuk mengunyah mereka dengan baik – mereka adalah perkecualian – mereka lebih bergizi dimasak daripada mentah

KLASIFIKASI ILMIAH


Kerajaan : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Apiales

Famili : Apiaceae

Genus : Daucus

Spesies : D. carota

Nama Binomial : Daucus Carota

SEJARAH WORTEL

KEKUATAN DAN KHASIAT WORTEL

Wortel memiliki banyak vitamin dan mineral penting.Mereka kaya akan antioksidan Beta Carotene, Alpha Carotene, Fitokimia dan Glutathione, Kalsium dan Kalium, dan vitamin A, B1, B2, C, dan E, yang juga dianggap antioksidan, melindungi serta memberi nutrisi kulit.Mereka mengandung bentuk kalsium mudah diserap oleh tubuh.mereka juga mengandung Tembaga, Besi, Magnesium, Mangan, Phosphorous.and Belerang – lebih baik daripada obat ajaib (DRUGS)!

Quote:
» Wortel dapat meningkatkan kualitas ASI. «
» Hal ini dapat memperbaiki penampilan rambut, kulit dan kuku. «
» Ketika diambil harian dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. «
» wortel mentah mengandung beta-karoten, antioksidan yang kuat yang bisa mencegah kanker. «
» Jus wortel bila dikonsumsi setiap hari tubuh mencegah infeksi dan diklaim menjadi berharga bagi kelenjar adrenal (kelenjar endokrin kecil yang terletak di atas ginjal). «
» Wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. «
» Wortel dapat membantu meningkatkan aliran menstruasi. «
» Wortel dapat mengatur gula darah. «
» Wortel dapat meningkatkan kesehatan usus besar, karena kaya akan serat. «
» Meningkatkan imunitas (terutama di kalangan orang yang lebih tua). «
» Mengurangi photosensitivity (beta-karoten melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari). «
» Meningkatkan gejala HIV. «
» Mempermudah gejala penarikan alkohol. «
» Membantu menyembuhkan luka ringan dan luka-luka «
» Mengurangi risiko penyakit jantung «
» Mengurangi resiko tekanan darah tinggi. «
» Pembersihan hati, dan bila dikonsumsi secara teratur, dapat membantu lemak liver dan empedu. «
» Melawan infeksi (vitamin A menjaga membran sel sehat, membuat mereka lebih kuat melawan penyakit yang menyebabkan mikroorganisme) «
» Meningkatkan kesehatan otot, daging, dan kulit. «
» Mengurangi jerawat «

Wortel juga membantu dalam kasus-kasus berikut: Obesitas, keracunan darah, penyakit gusi, insomnia, radang ginjal, hati, kandung empedu, penyakit Alzheimer, radang usus, maag dan buang air kecil yang menyakitkan.Wortel adalah salah satu sumber terkaya vitamin A. Karoten hadir dalam sayuran ini akan dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh kita.Sungguh menakjubkan bahwa hanya 100grams pasokan wortel sekitar 11.000 miligram vitamin A.

mineral utama lainnya hadir dalam wortel termasuk klorin, sulfur, fosfor dan magnesium.Klorin hadir dalam wortel sangat penting untuk memfungsikan hati. memberikan pembersihan dan efek antiseptik pada sistem pencernaan dan peredaran darah.Ketiga mineral kalsium, fosfor dan magnesium sangat penting untuk memastikan kekuatan tulang.Fosfor sangat penting untuk kesehatan kulit, rambut dan saraf.Isi hadir magnesium vital dalam wortel segar memungkinkan perkembangan mental, pencernaan lemak dan metabolisme garam-garam mineral seperti kalsium, fosfor, natrium, dan kalium.Sulphur juga membentuk bahan utama insulin, fungsi hormon yang dapat mengubah karbohidrat menjadi energi.

Lain gizi di wortel, yang patut disebutkan adalah Vitamin E, vitamin otot.Ini mendorong efisiensi sistem otot seluruh oleh pemanfaatan yang efektif dari oksigen.

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7390899
%d bloggers like this: